Peringatan Ulang tahun ke-3 Balai Kota Among Tani

                

Perlu diketahui pembangunan Balaikota Among Tani ini memakan waktu yang cukup lama, yakni lima tahun. Ide membangun balaikota ini sejak tahun 2007 lalu. Akan tetapi baru mulai dapat diwujudkan pada tahun 2011 sebagai pembangunan tahap pertama. Namun demikian pada tahun 2012 dan 2013 pembangunan perkantoran terpadu ini berhenti. Bukan karena tidak ada anggaran, melainkan karena tidak ada PT yang ikut dalam tender saat lelang proyek dilakukan. Pembangunan proyek tersebut kembali dijalankan pada tahun 2015 lalu dan akhirnya Desember 2015 pembangunannya selesai.

Balaikota sendiri memiliki tujuh gedung. Lima gedung perkantoran, satu gedung serbagunan serta satu masjid. Dan pada bulan Januari 2016 perkantoran megah tersebut mulai ditempati. Balai Kota Among Tani yang diresmikan pada 4 Januari 2016. Balai Kota Among Tani tidak hanya menjadi pusat pemerintahan dan perkantoran terpadu (block office) Kota Batu. Keberadaannya juga menjadi ikon sekaligus identitas baru kota dengan sebutan De Kleine Switzerland ini. Namanya yang unik menjadi bentuk penghargaan bagi para petani yang menjadi mata pencaharian mayoritas warga Kota Batu. Gedungnya mempunyai bentuk tangan terbuka sebagai bentuk keramahtamahan warga Kota Batu. Selain itu mempunyai konsep open stage atau terbuka untuk siapa saja. Tidak adanya pagar depan menjadi simbol bahwa tidak ada sekat antara pemerintah dan warganya. Konsep open stage Among Tani membuat banyak event bisa digelar di bagian depan balai kota. Tak heran jika banyak kegiatan masyarakat, komunitas, maupun organisasi digelar di tempat ini. 

Selamat Ulang Tahun Balaikota Among Tani, semoga dengan adanya Balaikota Among Tani, pemerintah semakin dekat dengan warga Kota Batu untuk bersama-sama membangun desa berjaya dan kota berjaya.

Berbagi: