Pokesra Ceria ( Pos Kesehatan Remaja Cerdas dan Inovatif) Puskesmas Beji

Kegiatan Gebyar Pokesra Ceria dilaksanakan pada bulan Juli 2023 di pusatkan di aula SAB desa Beji yang dihadiri oleh sekitar 700 remaja Wilayah kerja UPT Puskesmas Beji. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Kepala BNN kota Batu, DP3AP2KB beserta duta Genre Kota Batu tahun 2023. Dalam kegiatan ini terdapat pelayanan kesehatan maupun konseling bagi remaja,dan tidak hanya itu tetapi para remaja juga menampilkan tarian, pantomime, drama musical dari perwakilan masing-masing posyandu remaja.

Salah satu Program Inovasi Puskesmas Beji Kota Batu diwujudkan dengan Posyandu Remaja di Wilayah UPT Puskesmas Beji. POKESRA CERIA ( Pos Kesehatan Remaja Cerdas dan Inovatif ) adalah wadah bentuk pelayanan yang dilakukan oleh Puskesmas Beji kepada anak remaja usia 10 – 18 tahun. Adapun kegiatan dalam POKESRA CERIA ini adalah pelayanan pemantauan perkembangan baik psikis ataupun psikis anak remaja, pemantauan HB anak remaja putri, memberikan penyuluhan kesehatan kepada remaja, memberikan konseling kesehatan kepada remaja, melakukan kunjungan rumah dan memberikan konseling kesehatan ( pendekatan Obserfatif induktif ) apabila ditemukan remaja remaja bermasalah, dari Remaja oleh remaja dan untuk remaja, sedangkan Puskesmas adalah pengawas,motor pengerak, dan pembimbing dalam berjalannya kegiatan ini.

Tujuan dibentuk kegiatan ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan anak remaja di luar sekolahan sehingga dapat mencegah terjadinya peningkatan Kenakalan remaja, Pernikahan dini, Anemia, Pengunaan NAPZA, Pengunaan Rokok, Kecacingan, HIV – Aids, Hepatitis B.

Berbagi: